Thursday, April 16, 2009

Accu

Accu berfungsi sebagai alat penyimpan stroom dalam jangka waktu tertentu.accu terdiri dari timah himah hitam yang direndam dalam larutan asam belerang dan ditempatkan dalam suatu bejana.accu mempunyai sel-sel yang mempunyai kuat arus 2V setiap selnya.berat jenis air accu yg baik antara1,26-1,28.pada arus positif accu dipasang sekering untuk mencegah terjadi kebakaran pada saat terjadi kortsluiting.Penggunaan accu adalah untuk:penyalaan hidup motor,penyimpan arus,menghidupkan lampu-lampu dan peralatan elektronik lainnya pada kendaraan bermotor.
Kerusakan pada accu:
- Sel accu ada yang rusak,akibatnya:stroom kurang
cara mengatasinya: ganti accu baru
-sel-sel accu sudah konslet,akibatnya:tidak dapat menyimpan stroom
cara mengatasinya:Ganti accu baru.
-Tabung accu retak/pecah,akibatnya cairan accu cepat habis
cara mengatasinya:ganti accu baru
-penghubung kutub accu kotor,akibatnya stroom tidak lancar
cara mengatasinya:bersihkan kutub-kutub accu.


Sistem Kelistrikan

Pada motor bensin sistem kelistrikan diperlukan untuk menyalakan busi.Asal mula adanya listrik pada motor adalah dari generator yang berputar mengikuti poros engkol.

Generator dibedakan:
-generator AC: generator yang menghasilkan arus bolak-balik
-Generator DC: generator yang menghasilkan arus searah

Gangguan-gangguan pada generator:
-Magnit lemah,akibatnya arus listrik yang dihasilkan lemah,sehingga motor tidak bisa hidup sempurna.
perbaikannya:Ganti magnit
-Lubang spi magnit goyah,akibatnya hidup motor terganggu
Perbaikannya:dibubut
-spoel/gulungan kawat terbakar,akibatnya tidak ada arus listrik,sehingga motor tidak mau hidup(bila spoel penyalaan mesin yang mati)
perbaikannya:gulung spoel/ganti spoel
-Spoel putus hubungan,akibatnya motor tidak mau hidup
perbaikannya:gulung spoel/ganti spoel

Ignition coil

Coil digunakan untuk memperbesar arus listrik dari 6 volt menjadi sekitar 10000-12000 Volt ,karena untuk menghidupkan busi dibutuhkan arus sebesar 10000-12000V.

Gangguan pada coil:

Coil lemah,akibatnya motor susah hidup
Perbaikannya :ganti coil
-Coil rusak,akibatnya motor tidak mau hidup
Perbaikannya:ganti coil
-Kabel-kabel Coil putus,akibatnya:motor tidak mau hidup
Perbaikannya:perbaiki kabel yang putus.



Sistem pelumasan mesin

Pelumas/oli berguna untuk :

-Mengurangi keausan mesin
-Mengurangi panas akibat pembakaran dan gesekan mesin
-mengendapkan kotoran-kotoran ke dalam karter
-mengurangi suara berisik pada mesin

Oli/pelumas mempunyai beberapa macam kekentalan yang menggunakan satuan pengukuran SAE
semakin besar ukuran SAEnya maka akan semakin kental olinya.

Pelumasan pada mesin:
-Sistem percik:Oli dipercikkan dengan sendok percik dari karter ke onderdil-onderdil mesin
-Sistem roda gigi:Pompa oli roda gigi menyedot oli di karter & membagikan ke bagian-bagian mesin dan kembali ke karter

Jalannya pelumasan:Selama mesin hidup,Oli di dalam karter ,Pompa oli menyedot oli dan disalurkan ke bagian-bagian yang membutuhkan oli dan akhirnya kembali ke karter lagidengan membawa kotoran-kotoran.

Oli mesin pada motor 4 takt biasanya menggunakan ukuran SAE 30-50.

Gangguan-gangguan pada sistem pelumasan:
-Oli kurang.akibatnya mesin cepat panas dan bisa mati
-Oli sudah terlalu lama,akibatnya mesin cepat panas dan cepat aus
-oli terlalu kental,akibatnya celah-celah mesin yang sempit tidak terjangkau sistem pelumasan,bisa menyebabkan mesin rusak.


Motor diesel

Motor diesel adalah motor yang menggunakan bahan bakar solar.sistem pembakaran pada motor diesel tidak menggunakan listrik.sistem pembakaran pada motor diesel:Udara yang ada di ruang bakar dimampatkan,sehingga timbul suhu yang sangat panas dan apabila pada saat tersebut disemprotkan bahan bakar solar akan terjadi pembakaran dan timbul tekanan yang mendorong torak sehingga mesin bekerja.

Komponen-komponen pada motor diesel:
- Nozzle (pengabut)
- pompa bahan bakar
- pompa injeksi
- governor (regulator)
- saringan bahan bakar

a.Nozzle

Nozzle berguna sebagai jalan bahan bakar yang disemprotkan oleh pompa injeksi ke ruang bakar.Karena bahan bakar melewati nozzle yang sangat kecil dan mendapatkan tekanan yang kuat dari pompa bahan bakar,maka bahan bakar yang masuk ke ruang bakar berbentuk kabut sehingga sangat mudah terbakar apabila bercampur dengan udara panas yang sudah dimampatkan di ruang bakar.

Kerusakan pada nozzle:
-ujung nozzle tersumbat
-batang jarum macet
-dudukan jarum sudah cacat

b.Pompa injeksi
Pompa injeksi berguna untuk menyemprotkan bahan bakar dan membagi dengan komposisi yang tepat ke ruang bakar.


Komponen-Komponen Mesin

Komponen-komponen yang terdapat pada mesin :
-Kepala silinder/silinder cop
-Katup
-Blok silinder
-Torak/piston
-Batang torak
-Karter
-Poros engkol
-Roda penerus
-Bantalan
-Saluran masuk & saluran buang
-Sistem pendinginan
-Sistem pelumasan



Perbandingan Motor 2 Takt & 4 Takt

Keuntungan Motor 2 Takt:
-Siklus kerja lebih singkat,sehingga kerja mesin lebih cepat
-Knalpot lebih awet karena sisa gas buang yang melewati knalpot bercampur pelumas
-Konstruksi mesin lebih sederhana sehingga lebih murah harganya
Keuntungan Motor 4 Takt:
-Kerja mesin lebih stabil
-Daya kerja lebih kuat
-Sisa pembakaran lebih bersih
-Suara knalpot lebih halus

Monday, April 13, 2009

Modifikasi Motor Batik


Ajang kontes modifikasi motor, bagi Adhie sudah merupakan makanan sehari-hari. Tak heran, bos Mitra Motor Sport (MMS) Cimahi, Jawa Barat ini lumayan kondang lantaran sudah aktif berkompetisi sejak 2003. Dan ia acap menampilkan karya yang unik dan bukan follower.

Termasuk pada Yamaha Mio 2007 dalam pemilihan model airbrush. "Sesuatu yang baru kali ini dan kita coba mengambil tema cinta Indonesia," ungkap Adhie yang identik dengnan tema permainan seperti ini. Motif batik yang dihadirkannya pada kontes Yamaha di Bandung beberapa waktu lalu, tergolong unik.

Saking uniknya, ketika ditanya motif batik itu dari daerah mana, dia malah gelagapan. "Nggak sempat cari ide dari batik Solo apa Yogya. yang penting, kesan batik aja," kekehnya. Namun secara keseluruhan , pemilihan warna garis-garis itu sangat pas sama kelir dasar bodi yang putih.

Termasuk jok ikut dimodif menjadi single seater agar memiliki bidang yang bisa diberikan motif yang sama. Jadi, tampilan Mio benar-benar berkonsep total batik.

Selain sadel yang digarap, juga bodi. Langkahnya dimulai dengan mengganti seluruh cover standar dengan Mio Soul. "Bodi Soul tadi diperbesar dengan fiber," ungkap Adhie. Caranya, menyambung bodi standar yang plastik dengnan fiber. "Jadi terlihat lebih paten karena nggak ada sambungan. Selain itu juga terkesan clean," lanjutnya.

Seperti cover depan, ukurannya memang sudah menjadi lebih besar tapi terlihat masih proposional.Untuk pelek, Adhie menerapkan model custom dari mobil. Alasannya, ingin mendapat lebar telapak maksimal, jadi yang depan lebar 4 inci dan belakang 5 inci yang dikombinasi dengan pelek standarnya. "Sengaja pakai palang asli Mio supaya enggak meninggalkan ciri aslinya," tegas Adhie.

Sunday, April 12, 2009